Asal Usul

Namanya Jamaluddin Tahuddin, lahir di Gowa, 6 Pebruari 1981. Dia adalah anak keempat dari lima bersaudara, buah hati dari pasangan Almarhum Tahuddin Daeng Lalang dan Daeng Ratu. Jamal adalah panggilan akrabnya dan di kalangan keluarga ia dipanggil Daeng Tangnga’. Dia terlahir dari keluarga yang sangat sederhana.

Semasa hidupnya, Ayah yang bekerja sebagai seorang guru mendapat tugas tambahan sebagai Kepala Sekolah di sebuah Sekolah Dasar Negeri yang jaraknya jauh dari rumah. Sedangkan Ibunya adalah seorang ibu rumah tangga yang bekerja mengurus segala urusan rumah tangga.

Sejak kecil Ayahnya selalu menasehati agar rajin beribadah, bersikap jujur dan baik terhadap sesama. Rumah yang diapit oleh sungai Je’ne’berang dan persawahan yang membentang luas di belakang rumah membuat suasana lingkungan sekitar rumahnya menjadi lebih nyaman dan asri.

Masa kecilnya pun dihabiskan di sawah dan di sungai. Main layangan, mencari jangkrik dan belalang, serta main bola di sawah seusai panen padi. Mencari udang, kerang dan ikan sambil berenang menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan di sungai sehingga kadang menghabiskan waktu seharian di sungai.

Pada tahun 2006 menikah dengan Asriati dan kini sudah dikaruniai tiga orang anak, yaitu:

  1. Ahmad Fauzan Jamaluddin
  2. Afifah Safirah Jamaluddin
  3. Ahmad Azka Jamaluddin