Penguatan Numerasi Melalui MathCityMap

Oleh: Jamaluddin Tahuddin

Aplikasi MathCityMap dapat membantu kita menelusuri tempat-tempat di lingkungan kita serta mengenal matematika dan lingkungan sekitar dari perspektif yang berbeda. Aplikasi MathCityMap dapat diakses melalui portal mathcitymap.eu atau menggunakan smartphone dengan menginstall aplikasinya melalui Playstore atau Appstore terlebih dahulu.

A. Pengenalan Fitur

Browse Trails atau Cari Trail

Fitur ini digunakan untuk mencari dan menjelajahi trail yang sudah ada atau sudah dipublikasikan dari berbagai tempat di dunia. Trail yang muncul di fitur ini adalah trail yang sudah melalui proses review oleh tim MathCityMap dan sudah dianggap layak untuk dipublikasikan. Trails tersebut bisa didownload dengan cara mengklik ikon download yang ada di sebelah kanan setiap trail.

Add Trails atau Tambahkan Trail

Fitur ini digunakan untuk menambahkan trail baru melalui kode. Trail yang belum dipublikasikan tetap bisa didownload dan digunakan apabila kita mendapatkan kode dari pembuatnya. Kode trail terdiri dari 6 digit angka, dimasukkan lalu klik tambah. Sebagai contoh, kode trail Fort Rotterdam Makassar (157539).

My Trails atau Trail Saya Fitur ini menampilkan semua trail yang telah didownload atau disimpan. Pada fitur ini, kita dapat menampilkan trail dalam bentuk daftar atau peta.

Manage Trails atau Mengelola Trail

Pada tampilan awal setelah diinstal, fitur Mengelola Trail belum aktif dan untuk mengaktifkannya, kita harus memilih menu pengaturan lalu mengaktifkan item menu untuk mengelola trail pada menu Fungsi Manajemen. Pada menu pengaturan, kita juga bisa mengubah Bahasa. Pada fitur ini, kita bisa membuat tasks dan trail sendiri serta membuat dan mengelola grup. Namun, untuk menggunakan fitur ini kita harus melakukan registrasi terlebih dahulu dengan cara klik Daftar lalu pilih Accept.

Grup

Selain membuat tugas dan trail di aplikasi MathCityMap, kita juga bisa membuat dan bergabung di grup layaknya aplikasi sosial media. Untuk membuat grup baru, kita tinggal memilih menu Grup kemudian klik titik 3 di sudut kanan atas layar lalu pilih “Grup Baru”. Jika ingin bergabung dengan grup yang sudah ada, pilih “Bergabung dengan grup” lalu masukkan kode grup yang akan dituju.

Profil

Menu profil memuat kolom Timeline, Tugas, Trail, Following, dan Followers. Kolom Timeline memuat semua aktifitas pengguna. Kolom tugas dan trail memuat daftar tugas dan trail yang dibuat dan telah dipublikasikan. Following memuat pengguna lain yang telah diikuti. Sedangkan followers adalah pengguna lain yang telah mengikuti kita. Selain itu, kita juga bisa mengubah foto profil, nama, institusi/ Lembaga, pekerjaan, dan website di menu profil. Di menu ini kita juga bisa melihat lencana dan level yang telah diperoleh.

B. Membuat Akun

Setelah memilih Daftar dan Accept, selanjutnya akan muncul formulir registrasi seperti di bawah ini:Choose a username: Masukkan nama pengguna. Contoh: jamalmath

  1. First Name: Masukkan nama depan. Contoh: Jamaluddin.
  2. Last Name: Masukkan nama belakang. Contoh: Tahuddin
  3. Country: Masukkan nama negara tempat berdomisili. Contoh: Indonesia
  4. City: Masukkan nama kota domisili. Contoh: Makassar
  5. School/ Institution: Masukkan nama sekolah. Contoh: SMP Negeri 28 Makassar
  6. Email: Masukkan alamat email. Contoh: jamalmath28@gmail.com
  7. Confirm Email: Masukkan kembali alamat email pada poin (7).
  8. Password: Buat sandi
  9. Confirm Password: Masukkan kembali sandi yang dibuat pada poin (9).
  10. Centang pada kotak *Please indicate that you agree to the TOS
  11. Centang pada kotak “Saya bukan robot”, maka akan muncul kotak untuk konfirmasi gambar.
  12. Pilih kotak yang memuat gambar sesuai permintaan lalu pilih konfirmasi.

Setelah proses registrasi telah terkonfirmasi sukses, maka selanjutnya kita bisa masuk ke aplikasi dengan menggunakan username atau email dan password yang dipakai pada saat registrasi.

C. Membuat Tasks atau Tugas

Untuk membuat task atau tugas, pilih menu Mengelola Trail lalu pilih Tasks atau Tugas. Pada menu tugas, terdapat daftar tugas yang telah dipublikasikan dan tugas yang kita buat sendiri. Kita bisa membuat sendiri tugasnya atau menyalin dari tugas yang telah dipublikasikan.

Berikut langkah-langkah membuat tugas:

  1. Klik tanda + pada sudut kanan atas layar.
  2. Kita bisa memilih membuat tugas baru atau draft saja dulu.
  3. Pilih gambar yang telah disimpan di HP atau laptop. Untuk memudahkan sistem mendeteksi secara otomatis titik koordinat objek yang ada pada gambar, kita sebaiknya mengaktifkan GPS smartphone sebelum mengambil gambar.
  4. Masukkan Judul dan Definisi tugas.
  5. Jika posisi atau titik koordinat objek tidak terdeteksi secara otomatis oleh sistem, kita bisa mengaturnya secara manual melalui peta pada sudut kanan bawah layar.
  6. Pilih jenis tugas (Interval, Nilai Pasti, Pilihan Ganda, Isian, Vektor (jawaban pasti atau interval), Set, atau stasiun informasi).
  7. Sampel Solusi atau kunci jawaban bisa dalam bentuk teks atau gambar.
  8. Petunjuk bertahap atau Hint bisa berupa teks, gambar, atau video. Jika tugas ingin dipublikasikan, maka setidaknya ada 2-3 petunjuk atau hint yang disiapkan.
  9. Masukkan keterangan tentang objek sehingga selain melatih keterampilan numerasinya, siswa juga bisa mengetahui dan mengenal objek yang ada di lingkungan sekitar mereka.
  10. Pilih dari kelas berapa yang cocok mengerjakan tugas yang kita buat.
  11. Pilih alat bantu yang dibutuhkan untuk mengerjakan tugas tersebut.
  12. Masukkan penanda atau tag untuk membantu pengguna lain mencari jenis tugas yang kita buat. Misalnya, tugas yang kita buat berkaitan dengan materi segitiga, maka kita buat penanda dengan kata segitiga, geometri, dan seterusnya.
  13. Nama penulis akan muncul secara otomatis sesuai nama pengguna dari akun yang sedang digunakan. Akan tetapi, jika pembuatnya lebih dari satu orang, maka nama penulisnya bisa dituliskan semua dengan pemisah tanda koma.
  14. Email juga akan muncul secara otomatis sesuai email pengguna dari akun yang sedang digunakan.
  15. Lalu pilih Buat

D. Membuat Trail

Untuk membuat trail, pilih menu Mengelola Trail lalu pilih Trail. Sama halnya pada menu Tugas, pada menu Trail juga terdapat daftar trail yang telah dipublikasikan dan trail yang dibuat sendiri. Kita bisa membuat sendiri trailnya atau menggunakan trail yang telah dipublikasikan.

Berikut langkah-langkah membuat trail baru:

Klik tanda + pada sudut kanan atas layar.

Pilih gambar yang sesuai dengan ciri atau identitas lokasi tempat trail dibuat. Untuk memudahkan sistem mendeteksi secara otomatis titik koordinat objek yang ada pada gambar, kita sebaiknya mengaktifkan GPS smartphone sebelum mengambil gambar.

Masukkan judul trail.

Jika posisi atau titik koordinat pusat trail tidak terdeteksi secara otomatis oleh sistem, kita bisa mengaturnya secara manual pada peta. Usahakan titik pusat trailnya berada di tengah-tengah titik tugasnya untuk mempermudah siswa mengakses semua tugas.

Masukkan nama negara tempat trail.

Masukkan nama kota tempat trail.

Masukkan keterangan tentang trail yang dibuat sehingga selain melatih keterampilan numerasinya, siswa juga bisa mengetahui dan mengenal lokasi yang dijadikan tempat trail.

Pengaturan

Gamifikasi: Jika diaktifkan maka siswa bisa melihat skor yang diperoleh setelah menjawab tugas. Siswa juga bisa melihat skor tim lain, begitupula sebaliknya.

Tampilkan solusi sampel: Jika diaktifkan maka siswa bisa melihat solusi sampel atau kunci jawaban setelah mengerjakan tugasnya. Tapi jika kita berencana nanti membahas tugasnya di kelas, Tampilan Solusi Sampel bisa dinonaktifkan.

Petunjuk tampilan: Jika diaktifkan maka siswa bisa melihat petunjuk atau hint setiap tugas.

Check Answer: Siswa bisa mengecek jawabannya benar atau salah jika fitur ini diaktifkan.

Validasi jawaban: Jika fitur ini diaktifkan, siswa akan mendapatkan validasi jawaban benar atau salah setelah mengerjakan tugas.

Naratif: Jika kita ingin memberikan narasi pada trail yang dibuat dengan narasi dan tampilan seperti bajak laut, maka kita bisa memilih narasi bajak laut.

Pilih buat.

Selanjutnya menambahkan tugas ke dalam trail dengan cara klik Tambahkan Tugas lalu menambahkan setiap tugas yang ada di daftar tugas. Untuk menambahkan tugas yang ada di daftar tugas, cukup mengklik tanda + yang ada di samping kanan setiap tugas. Kita harus menambahkan minimal 4 tugas ke dalam trail agar bisa menjadi satu trail.

Atur durasi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan trail di pengaturan Data Dasar.

Agar lebih memahami cara menggunakan aplikasi MathCityMap, silahkan simak slide presentasi berikut:

Presentasi MCM by Jamaluddin Tahuddin

Leave a Reply